Minggu, 13 November 2011

Kecepatan Akses Internet


1.      Kecepatan Akses Internet
Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu downstream dan upstream. Downstream merupakan kecepatan pada saat kita mengambil data – data dari server internet ke komputer kita. Misalnya, saat kita masuk ke search engine, browsing, dan lain – lain. Adapun upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server. Baik downstream maupun upstream memiliki satuan kecepatan transfer data yaitu bps bit per sekon. Artinya, banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain tiap detiknya.
Kecepatan akses internet dihitung dari jumlah data yang dikirim dalam satuan waktu. Jika kita mengirim 1kb file/detik, berarti kita telah mengirim 1.000 byte, dengan 1 byte = 8 bit maka data yang dikirim sama dengan 8.000 bit = 8 kbps kilo bit per sekon. Untuk satuan yang lebih besar mengggunakan Mbps mega bit per sekon berarti 1000 kbps.
2.      Bandwidth
Bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Dalam kerangka ini, Bandwidth dapat diartikan sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dan sinyal frekuensi rendah. frekuensi sinyal diukur dalam satuan Hertz. sinyal suara tipikal mempunyai Bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz.
Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second.
Dalam dunia web hosting, bandwidth capacity (kapasitas lebarpita) diartikan sebagai nilai maksimum besaran transfer data (tulisan, gambar, video, suara, dan lainnya) yang terjadi antara server hosting dengan komputer klien dalam suatu periode tertentu. Contohnya 5 GB per bulan, yang artinya besaran maksimal transfer data yang bisa dilakukan oleh seluruh klien adalah 5 GB, jika bandwidth habis maka website tidak dapat dibuka sampai dengan bulan baru. Semakin banyak fitur di dalam website seperti gambar, video, suara, dan lainnya, maka semakin banyak bandwidth yang akan terpakai.
3.      Aplikasi Untuk Mengukur Kecepatan Akses Internet
4.      Mengukur Kecepatan Akses Situs/Software
5.      Contoh Situs/Software Untuk Akses Internet
6.      Saluran-saluran Untuk Akses Internet dan Kecepatan Aksesnya
a.    ISDN ( Integrated Service Digital Network )
            ISDN merupak layanan telepon digital yang berkecepatan tinggi. ISDN memberikan kemungkinan akses internet cepat dengan kecepatan hingga 128 kbps.
b.    HDSL (High Data Rate Digital subscriber Lines) 
            HDSL merupakan sistem yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi, 1,544 Mbps hingga 2,048 Mbps menggunakan saluran kawat twisted pair. Akses internet ini melalui HDSL cocok digunkan untuk gedung-gedung perkantoran karena aksesnya yang cepat dan memerlukan bandwidth rtelatif kecil (80kHz - 240 kHz) serta tidak memerlukan repeater.
c.    SDSL ( Symetrical Digital Subscriber Line )         
            Disebut Symetric karena kecepatan aliran data untuk upload sma dengan download. Jangkauan SDSL tak lebih dari 3 km, dimana pada jarak tersebut kecepatan aliran datanya dapat mencapai 6 Mbps (rata-rata kecvepatannya 1,54 Mbps - 2,048 Mbps ) Saluran ini sangat cocok untuk kompleks perumahan.
d.    ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line )          
            Disebut asymetric karena kecepatan upload dan download berbeda. kecepatan upstream mencapai 8 Mbps dan downstream 1 Mbps dengan jangkauan kabel maksimum 5,5 km.
e.    VDSL (Very High bit Rate Digital Subscriber Line)        
VDSL dapat mengirimkan dazta dengan kecepatan 1,6 Mbps pada jarak maksimum 900 m. Oleh karena kecepatanyya yang tinggi , VDSL memerlukan serat optik untuk trnsmisi data. Serat optik memiliki kemampuan yang jauh lebih tinggi daripada kabel tembaga biasa.
f.     VSAT ( Very small Aperture Terminal)    
            VSAT merupakan pilihan bagi mereka yang berada di tempat terpencil dan membutuhkan koneksi internet dimana tidak ada infrastruktur lain seperti leased line, ADSL, ISDN, bahkan tidak juga telepon.VSAT berbentuk seperti piringan yang menghadap kelangit. Sebenarnya piringan VSAT tersebut menghadap kesebuah satelit geostasioner. Satelit ini berarti satelit tersebut selalu barada di tempat yang sama sejalan dengan putaran bumi pada sumbunya.           
            Dalam sistem VSAT, topologi yang paling populer adalah star. Dalam konfigurasi ini sebuah sistem hub berhubungan dengan banyak remote site yang tersebar dibanyak lokasi.Dengan teknologi ini, kecepatan transmisi dapat mencapai 55 Mbps.
g.    Radio Paket  
            Radio paket merupakan suatu bentuk komunikasi data/ aplikasi yang menggunakan gelombang radio sebagai media koneksi. Untuk mengakses internet menggunakan radio paket kita harus menggunakan modem khusus untuk untuk radio. Misalnya TNC ( Terminal Node Controller ) dan baycom Modem. Alternatif koneksi atau internetnlewat gelombang radio ini merupakan koneksi paling ekonomis, karena biaya telepon dapat ditekan. Namun kecepatan radio paket hanya berkisar antara 1,2 Kbps dan 9,6 Kbps.
7.      Hardware Yang Digunakan Untuk Akses Internet
a.       Modem Internal  
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQj1Hcp4P-npjXB7Ok1fDJ1APcGyY7yeA_bvvVfIu6MfcR7jlvPfAu01r6sYTmP_xfmYeUMUYuy4kI4UI0Fw9Dref1JrUljz35HlImQV5P6X4t7ea8_q8zRlmZtf_7lpV-AsdH2Pm20Zo/s200/modem+int.jpeg

Modem Eksternal           
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggyUwuObp6XCdrFGFiWv3RXyJYdZvhBtqlFa1d8QUdUh4PSIbh19N1d94BZiJNWWxvneqJ71g0Z1NOZQZ-AY0UMBBbuT7ZJIAo5qSwpJfSPjYLJbbItF6xm0R1DoIQfBkCI41xw1n45MY/s200/modem+eks.jpeg

      Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.        



b. Router 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjz5kn71VstXQzg9XjOUOYUDONm4X7XR0v4bsXnK3N1EH2X4VBAqlT_C9vg3YMrC4dfYweYmGdYLsyiGWjkGF7PYY5IqvhIHEyzxEsQp9tiduiclGyzSyLQwSXEt7iXrFG0tqrD47jnHGA/s200/router.jpeg

      Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.



c. Bridge Jaringan          

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivMgH_PCn0Y9NgRPQW4zmI3OB15x_bjP64fAcSsEp6_oTWLYbyE0wXzyXp1sNtlp_qL7Wilf7VLrjL2j9nf5HhWWr_mCcMQRj8pErMmBYDacHbJ-SIIbdDWtqdVMW4vxbWyZh-Bsdk34A/s200/bridge.jpeg

      Bridge jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP). Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol (SNMP), dan beberapa di antaranya memiliki fitur diagnosis lainnya.

Terdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai:
a)      Bridge Lokal: sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal.  
b)      Bridge Remote: dapat digunakan untuk membuat sebuah sambungan (link) antara LAN untuk membuat sebuah Wide Area Network.          
c)      Bridge Nirkabel: sebuah bridge yang dapat menggabungkan jaringan LAN berkabel dan jaringan LAN nirkabel.

d.      HUB    

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvzlvc3y0xysAOjJDi-0OOIW3Wc7DGdo0k6hbv8VchzvthPt0eZqOHfS3p_NcIEtKMmEkuzVz2vAYAWn3qrLr4NaGJq1TyGKziTjmNb2xcFX2yKOKvB5aoTx4-v7_1eKDJ9y-aLXrBkfs/s200/hub.jpeg

  Alat penghubung antar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. hub digunakan untuk sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misal hanya untuk menyambungkan beberapa komputer di satu group IP lokal) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port lainnya di hub yg sama dan semua komputer yg tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.
           
e.       Switch 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7ca4WI-q8yKEgtXy3yG2xQqe4nSatdoe3_4xIrpbmJy71YfeBKehO0_j9h_VpdQOGi7YFvoL8JXe0gxRG9MZJg4wzldNoL7N5PH-oNenqKw4bLXgu_h8tLIt6sLkHCy2Ukvr-n2cHTJI/s200/siwtch.jpeg

  Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN. switcher bekerja pada layer data link (layer 2) dan terkadang di Network Layer (layer 3) berdasarkan referensi OSI Layer Model. sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun. LAN yang menggunakan Switch untuk berkomunikasi di jaringan maka disebut dengan Switched LAN atau dalam fisik ethernet jaringan disebut dengan Switched Ethernet LANs.


f.       Sound Card    
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_W5B2ZMkETnHRbJDOPiEjmqYgdVeziBXdqYfYsMGMGjw2sDUEuYe_wE_xlQcqWxlSpr9-AYNNIEGmarH8Qwx9t0j59ozINPAkC1Oko_DN53-BFHGyNM-DNjDW_udSmDRQuIMTxiiQ2Mc/s200/sound+card.jpeg

  Suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.


g.      Kabel UTP     

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWLQRblBKCHN1H3I25eLeFrbytuCfzTE2g-ElpSLZB8p46fN9gqvpBssFoORbIoaftyJ887xOPm6ArjO2keqmo3nDvtij92cvS6O_InLQrsqWOeaWYF7v42whcRPmpsidlGFE4wvV0CDU/s200/uTP.jpeg

  Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik.         



h.      Web Cam       

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj7LBei4tjLUWWhXnLpdxiOH_1TzkzK9NsmrWQBimEHqwWlCnLCQzXCGt0iUIm74zIFMTW2tw294FXxmBaCB-7UboP9cG0CTgjKpxqhImVot784jNfkp53yN_w4DMaLIwJZbA20OIk6gOk/s200/web+cam.jpeg

Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah "webcam" juga merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini.           
Ada berbagai macam merek webcam, diantaranya LogiTech, SunFlowwer, dan sebagainya. Webcam biasanya berresolusi sebesar 352x288 / 640x480 piksel. Namunm ada yang kualitasnya hingga 1 Megapiksel.     

Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai kamera web (webcam).


i.        NIC (Network Interface Card)        

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg45n0FhyQcE7h2M3ZTcfHPY819nb7xUCrJLQzZhaA2MzPRaRRdRjGYaX6lRYNtLr25IcneCEB-ZHf4CTyWoXKLFnWhchdKh0ScRUb9MA0oTLekGGgbm0liwMN0s1T5nu-6Phpyq9b1-PU/s200/NIC.jpeg

              Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment yaaa !!!